Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Gagal Tak Perlu Takut



Bicara soal hati manusia, siapa pula yang tidak ingin sukses dalam hidupnya, siapa pula yang tidak ingin berhasil dan tercapai semua keinginannya, semua tentu ingin memilikinya.

Namun untuk mencapai semua itu, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Obsesi dan keinginan yang tinggi juga kerja keras, barulah akan menghasilkan sesuatu dari apa yang kita inginkan.

 Namun jikapun mudah untuk mendapatkannya, bukan hal yang tidak mungkin jika anda mendapatkannya dengan cara yang salah, atau anda memang sedang beruntung saat itu. Tapi apakah anda yakin akan selalu beruntung ?

Anda pernah dengar ungkapan seperti ini ? “Mulailah dengan satu langkah, dan langkah lain akan segera mengikuti”. Itu benar, jika anda tidak memiliki keberanian untuk memulainya, lalu bagaimana dengan semua harapan dan mimpi-mimpi yang telah anda bangun ? Problemanya, untuk memulai walau hanya satu langkah ternyata memang bukan hal yang mudah. Namun berdiam diri dan berasumsi tanpa adanya upaya untuk bertindak, bukankah hanya akan membuang waktu secara cuma-cuma ?

“Apakah saya bisa dan saya akan berhasil?”, “Apakah saya mampu dan tidak akan pernah gagal ?” Hey ! Just do it ! Arthur Wellesley, seorang negarawan terkenal dari Irlandia berkata, “Hanya satu hal yang saya takuti, yaitu rasa takut”. Dan beliau benar, yang menghentikan langkah anda adalah diri anda sendiri, dan yang membuat anda gagal juga adalah karena diri anda sendiri. Satu lagi, Francis Bacon, seorang hakim dan ilmuwan terkenal dari Inggris berkata, “Tidak ada satupun yang begitu berbahaya selain rasa takut”.

Anda mungkin pernah merasa takut ketika anda salah. Namun jika saja anda mampu mengakui kesalahan dan berusaha memperbaikinya, untuk apa anda takut ? Apakah kesalahan adalah sebuah kegagalan ? Tidak, kita sebagai manusia tidaklah luput dari dosa, begitupun halnya dengan kesalahan. Kita sebagai manusia tidak akan pernah bisa menjadi sempurna. Sebaliknya, saat anda menyadari kesalahan namun tidak berusaha memperbaikinya, anda bukan hanya sekedar gagal namun juga telah menanam kebencian pada diri seseorang yang terluka hatinya.

Anda mungkin pernah merasa takut ketika tidak ada seorang pun disisi anda. Memang benar, yang membuat anda bisa berdiri sampai dengan saat ini adalah karena adanya dukungan seseorang. Namun saat seseorang itu hilang, jangankan untuk mencapai impian anda, untuk mulai melakukannya saja rasanya sulit. Dan inilah yang lalu membuat anda takut, karena tanpanya, anda tidak bisa melakukan apapun. Manusia memang makhluk sosial, tapi bukan seperti ini jalannya. Karena dia berharga dimata anda, maka tunjukkanlah keberhasilan yang anda miliki. Jika tidak, mimpi dan harapan itu sepertinya hanya akan sebatas iklan.

Gagal, tak perlu takut ! Anda mempunyai semangat dan pengalaman hidup yang luar biasa. Mungkin sudah banyak sekali kegagalan yang anda rasakan dan mungkin juga sebagian dari anda sudah sampai pada taraf ragu akan keyakinan diri sendiri, apakah saya masih mampu ? Menurut saya, selama kesempatan itu masih ada, bukan hal yang tidak mungkin bahwa kelak, anda akan berhasil dan lalu berkata, “inilah hasil dari semua kegagalan yang pernah saya alami.”

Kegagalan, akan menjadi pelajaran berharga dimana anda bisa merenungkan kembali tujuan awal anda. Saat pencapaian dirasa kurang memuaskan, anda akan terus menggali ilmu baru agar ini tidak lagi terjadi kedua kali, dan itulah peran sebuah semangat dan motivasi.
Joseph Conrad, seorang penulis ternama dari Inggris berkata, “Hadapilah rasa takut, terus-menerus hadapi, itulah cara untuk memenangkannya”.

Post a Comment

0 Comments

1