Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Madu

Madu merupakan pemberian terbaik dari lebah. Sebenarnya lebah menghasilkan madu untuk cadangan makanannya, tetapi karena jumlahnya berlebih dan memang sudah kodratnya manusia lah yang akhirnya mengambil keuntungan paling banyak dari madu tersebut.

Madu mempunyai ribuan manfaat bagi tubuh yang bahkan mungkin belum diteliti oleh manusia. Kehebatan manfaat madu ini juga terbukti sejak dahulu kala, bahkan terdapat ukuran dinding gua yang menggambarkan dua orang yang sedang mengambil madu. Untuk itu sangat dianjurkan bagi siapapun juga baik tua maupun muda untuk mengkonsumsi madu. Satu lagi yang menarik bahwa madu sebenarnya tidak memiliki efek samping bagi tubuh, meskipun anda mengkonsumsi banyak madu asalkan tidak dalam jumlah yang ekstrim maka anda tidak akan merasakan efek samping dari madu.

Dan 5 manfaat madu bagi tubuh kita adalah:

Meningkatkan stamina tubuh.
Madu mempunyai zat alami untuk menggantikan energi tubuh yang hilang. Madu mengandung banyak glukosa yang mudah diserap tubuh sehingga dapat digunakan tubuh untuk proses pembakaran menjadi energi.

Membuat kulit kencang dan mulus.
Madu sejak dulu dipercaya sebagai salah satu obat kecanikan paling mujarab, madu dipercaya dapat membantu meremajakan kulit, dan membantu mengangkat sel – sel yang mati. Manfaat madu yang satu ini dapat kita saksikan sendiri, pada wajah Ratu Elizabeth. Ratu inggris yang satu ini dikenal doyan menyantap madu yang dioleskan pada selembar roti untuk sarapannya.

Mempercepat regenerasi sel.
Madu merupakan senyawa alami untuk mengeringkan luka dan membantu meregenerasi sel. Dulu kala madu telah digunakan oleh gladiator roma untuk memulihkan tenaga dan mengoleskannya pada luka agar luka tersebut cepat sembuh. Bahkan baru – baru ini ditemukan bahwa manfaat madu dapat digunakan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes, yang notabene sulit kering karena kadar gula darahnya yang tinggi dengan cara mengoleskannya kepada luka penderita tersebut.

Pengganti gula bagi penderita diabetes.
Madu mempunyai rasa manis alami, rasa manis yang khas dan tidak dipunyai senyawa lain. Telah diteliti bahwa kadar GI atau glycemic indek pada madu sangat rendah, sehingga pada penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengganti asupan gulanya dengan madu murni.

Menguatkan imunitas sel.
Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena sifat alami madu yang mampu memberikab tenaga dan asupan nutrisi kepada sel lebih baik dari senyawa lain, sehingga sel – sel kita tidak gampang untuk terserang virus maupun bakteri.

Madu adalah antibiotik alami.
Yang terakhir adalah sifat madu yang cenderung asam, tidak memungkinkan bakteri dan kuman untuk berkembang biak, sehingga madu sangat efektif saat digunakan sebagai antibiotik alami. Manfaat madu yang satu ini sekarang sedang terus dikembangkan oleh para ilmuwan di dunia.

Post a Comment

0 Comments

1