Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kisah Hidup/Hikmah

Sepulang sekolah, setelah berganti pakaian, makan siang lalu sholat zhuhur, halaman rumah yang rindang itu menjadi tempat teduh yg dipilih seorang anak kelas 3 sd untuk mengerjakan sebuah prakarya tugas sekolahnya. Ia terlihat begitu serius dan semangat mengerjakan prakaryanya sampai sampai ajakan ibunya menikmati pisang goreng yang baru saja matang ditolaknya dengan halus. Hanya suara azan asharlah yg mampu mengalihkan perhatian anak itu dari berkutat dengan prakaryanya untuk menunaikan sholat.

Dari dalam rumah, abinya tampak sesekali memperhatikan anaknya yg menggemaskan itu sambil menyantap pisang goreng dan teh hangat serta membaca sebuah koran yg dibelinya sore ini saat dalam perjalanan pulang dari kantor ke rumahnya.

Waktu terus berlalu, sang anak belum juga beranjak dari tempatnya. Hingga akhirnya, anak itu masuk ke dalam rumah dan menghampiri abinya.

"Abii.. kenapa sih bi aku susaah banget ngerjain ini.. :(" ucap anak itu sambil menunjukkan hasil prakaryanya yg masih berantakan.

"Jangan cemberut gitu ah, masa anak abi cemberut gitu, senyum dong.. :) sini sini, memangnya kamu sedang membuat apa sayang?" tanya abi kepada anaknya itu.

"Aku disuruh bu guru membuat ronce dari koran sama kalender bekas, sama mote-mote ini.. digunting terus digulung nanti di lem bi, baru dirangkai.. " cerita anak itu kepada abinya.

"Nah, itu kamu bisa, tinggal dilanjutin saja nak.."

"tapi susah bi, malah berantakan gini dari tadi.. :(" Memang agak berantakan, lem nya pun berlepotan kemana mana.

"Masa susah sih, jangan bilang susah, nanti jadi susah beneran, tadi sebelum mulai udah baca bismillah belum?" tanya abi.

"belum bi aku lupa.." jawab anak itu dengan mimik wajah yg sedih.

"Sebelum memulai sesuatu, baca bismillah, biar lancar, diridhoi Allah.. sekarang bilangnya, aku bisa, berdo'a sama Allah, nanti Allah mudahkan kamu mengerjakan itu, coba sekarang kamu bilang "aku bisa".." Ucap abinya membangkitkan semangat anaknya.

"aku BISA" teriak anak itu

"Naah begituu :) kamu pasti bisa, kan kamu tadi nyontohin ke abi cara buatnya sudah bisa. Coba, sekarang kamu buatnya pelan-pelan, jangan buru buru ya, sabar.. pelan-pelan, nanti juga pasti selesai. Ayo inget apa, orang sabar disayang Allah :)"

"Iya bi, aku sekarang ngerti.. berarti harus sabar ya bi, nanti kalau sudah jadi aku tunjukin ke abi yaa.." ucap anak itu kembali bersemangat.

"Iya sayang, :)" jawab abi.

Anak itu pun kembali berkutat melanjutkan prakaryanya. Kali ini ia mengerjakan dengan sabar dan penuh percaya diri.

Beberapa waktu kemudian...

"Abii abiii.. sini lihaat cobaa.. aku bisa bi.. hehe aku bisaaa :D makasih abi.. :* " seru anak itu sambil berlari menghampiri dan mengecup pipi abinya sebagai tanda cinta dan terimakasihnya.

"Naah giitu doong, anak abi hebaat ya.. :) udah ucap alhamdulillah belum?" kata abi mengingatkan sambil tersenyum dan mencubit cubit pipi anaknya..

"aku lupa lagi bi.. alhamdulillah.. :) " anak itu mengucap syukur alhamdulillah.

"ga boleh lupa lagi yaa :)" ucap abi mengingatkan.

"Iya bi, :)"

Akhirnya, anak itu pun berhasil menyelesaikan prakaryanya.

hehee



Sekarang, yuk kita sama sama ambil hikmahnya:
--> ucaplah BISMILLAH sebelum memulai sesuatu, dan ALHAMDULILLAH setelah selesai melakukan sesuatu. Bersyukur..

--> optimis, kalau kita BISA.

--> SABAR dalam melakukan segala sesuatu. Jangan terburu-buru.

--> tetap SEMANGAT. Jangan menyerah, semua pasti ada jalan keluarnya, penyelesaiannya.

--> dan tersenyuum :)



Semoga bermanfaat.. :)

Post a Comment

0 Comments

1